Service stik ps1&2

                                                                                                                                                           Seperti yang telah kita ketahui,bahwa sejak lama usaha rental ps menjamur sampai ke desa tentu saja
perkembangan ini sangat menggembirakan karena bisa untuk usaha sampingan atau utama,dan bisa menciptakan lapangan kerja bagi yang masih menganggur.
Bagi mereka yang baru dan belum ada pengalaman di bidang ini tentu akan tersendat sendat kemajuan dan keuntungan yang didapat setiap bulannya,dikarenakan setiap waktu tertentu harus mengeluarkan uang untuk service ps atau stik ps yang biayanya lumayan besar jika terjadi kerusakkan,sehingga ada pula yang menutup usahanya karena biaya pengeluaran dan penerimaan tidak balance.

Disini akan dibicarakan mengenai stik ps yang rentan rusak atau error,dimana untuk usaha rental harus bisa service sendiri jika ingin usaha yang baru dirintis ingin maju dan mempunyai keuntungan yang lumayan.Adapun cara service ini stik mudah mudah sulit,tetapi kalau terus berusaha dan belajar akan bisa.mungkin bagi yang tidak sabaran,dibawah ini akan dijelaskan.

Alat yang diperlukan: 1. solder .di toko harga kurang lebih rp.15.000,-ganti ujung solder dengan yang lebih                            bagus yang lancip kecil rp.20.000,-   2. timah.   3.penyedot timah rp.10.000,-  4.multitester. yang sederhana untuk cek kabel rp.20.000,-  5. obeng kembang kecil/sedang rp.5.000,- dengan alat tersebut sudah cukup untuk service stik.

caranyanya:

 Stik di tes di ps1,menggunakan kaset ps1 game takken3 atau pakai aplikasi service stik ps.nanti dilayar tv ada gambar stik dan tes semua tombol,tekan tombol stik jika ada yang tidak konek/bekerja bisa diketahui.jika tidak ada yang konek berarti ada kabel stik putus,jika jalan sendiri berarti tombol analog sebelah kiri error,gambar mutar sendiri analog sebelah kanan error,hal ini jika lagi main game ps2,kadang bukan karena tombol analog jika terjadi error,bisa juga dari kabel papan analog dan papan tombol ada yang putus jika analog masih bagus,suka start sendiri berarti kabel stik ada yang mau putus.

Perbaikkan :

 setelah di tes di ketahui kerusakkan nya pada kabel stik : gunting kabel stik dekat stik,lalu periksa setiap kabel dengan multitester(setelah stik di buka dengan obeng kembang,dan terlihat tidak ada kabel yang terlepas pada papan).jika ada yang putus/tidak konek gunting lagi lalu dites kembali dengan multitester.sudah yakin sudah bagus kabelnya,solder kembali ketempat semula warna merah ke merah lagi dan seterusnya(catat urutan warna kabel agar tidak lupa).atau ingin lebih singkat ganti dengan kabel baru.

Begitu pula dengan kerusakkan lainnya seperti tombol analog error,ganti dengan yang baru.setelah selesai tes kembali dan tes juga dengan game ps1 bola,jika masih jalan sendiri berarti analognya yang kiri harus di ganti atau waktu menyoldernya ada timah menempel kekaki yang lain.






Enhanced by Zemanta

0 komentar:

Posting Komentar

Ingin berkomentar pada postingan,silahkan tulis saja dan terima kasih anda telah berkomentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...