Metadata

Metadata pada awalnya dipakai untuk manajemen file/data,dalam perkembangannya kini sering digunakan untuk membuktikan keaslian data.untuk jenis image dan vidio. Metadata mengandung beragam informasi tentang alat perekam,waktu perekaman,data teknis hasil rekaman,piksel,warna,dan setting kamera.

dilo december 2005 - Zijn er files?
dilo december 2005 - Zijn er files? (Photo credit: Fabio Bruna)
Cara melihat metadata,untuk file image caranya buka file tersebut melalui Picture dan fax viewer yang merupakan file standar windows,klik kanan -> properties maka semua info yang berkaitan dengan gambar akan muncul. Begitu pula dengan file lainnya seperti file vidio,file diputar kemudian klik kanan -> properties,akan segera terlihat info mengenai multimedia tersebut.

Software tersebut berukuran kecil dan gratis namanya JPEGsnoop,bagi ingin memiliki silahkan mendownloadnya di http://www.impulseadventure.com/photo/jpeg-snoop.html.
Meskipun file ini kecil software ini sangat ampuh untuk memperlihatkan metada suatu gambar dengan lebih detil,dan dapat mendeteksi jika gambar tersebut aqsli atau telah melalui proses editing.
Enhanced by Zemanta

0 komentar:

Posting Komentar

Ingin berkomentar pada postingan,silahkan tulis saja dan terima kasih anda telah berkomentar.

Google PageRank

pagerank
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...