Aplikasi Penyelamat Partisi

Kalau hard disk macet dan partisi tidak terbaca,kita akan merasa bahwa akan terjadi kehilangan data data yang ada pada komputer dan akan merasa apa yang selama ini jerih payah baik menyimpan aplikasi,data,file penting lainnya dan data-data akan hilang lenyap sudah terbayang akan apa yang akan terjadi di depan mata.

Ada cara untuk menyelamatkan data tersebut,jadi langan cepat berputus asa dahulu,masih banyak cara salah satunya adalah dengan aplikasi Active Partition Recovery. Aplikasi ini dapat di download dari : http://www.partition-recovery.com.

Setelah selesai di unduh/download dan install pada komputer/pc maka jalankan aplikasi tersebut. Untuk menggunakannya memang ada beberapa cara tergantung dari pengetahuan yang kita miliki dari cara recovery partisi,adapun salah satunya adalah dengan cara dibawah ini :

1. Ketik PR.EXE pada DOS prompt.
Pada bagian kiri ada daftar hard disk dan di sebelah kanan akan ada informasi mengenai hard disk.
gunakan panah atas dan bawah untuk pindah antar item di sebelah kiri,jika pada hard disk yang akan diperbaiki akan ada tulisan Unknown berarti Partisi telah rusak.
Ulangi langkah pertama diatas tadi dengan ketik PR.EXE-ignoreMBR=80h.

2 Setelah ada tulisan Unallocated gerakkan cursor pada tulisan Unallocated tadi untuk mencari data yang hilang,lalu klik enter,kemudian akan ada pilihan Y/N klik saja atau pilih saja yang Y.

3. Taruh cursor pada partisi yang baru ditemukan lalu tekan enter
.
4. klik Esc dan tunggu beberapa saat akan ada konfirmasi dan ada pilihan kembali ,pilih Y untuk menyimpan data.

5. Pada hard-disk tidak ada partisi aktif.maka akan ada tulisan untuk memlih salah satu partisi sebagai partisi aktif,pilihlah salah satu dan tekan enter.

6. Akan ada pertanyan akan menbackup MBR dan akan ada pilihan, Jika akan menbackup tekan Y dan jika tidaqk akan menbackup tekanlah N.

7. Tugas terakhir untuk restart ,tekanlah sembarang tombol,maka Recovery telah selesai.

Sebenarnya didalam aplikasi waktu kita menjalankannya sudah ada langkah yang harus diikuti,tetapi ini hanya untuk memperjelas dan mengingatkan jika ada yang terlewat dan terlupa dalam mempraktekkannya.semoga bermanfaat.



0 komentar:

Posting Komentar

Ingin berkomentar pada postingan,silahkan tulis saja dan terima kasih anda telah berkomentar.

Google PageRank

pagerank
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...