Update Web/Blog ke Search Engine

Search Engine secara rutin akan berkunjung dan memindai website agar hasil pencarian yang dihasilkan selalu relevan juga terkini,dalam proses pemindaian atau scanning yang dilakukan search engine dikenal dengan spider atau crawl.

Memberitahukan update kepada search engine sangatlah penting dilakukan agar website tidak hanya muncul pada pencarian yang semakin relevan juga rangking akan semakin meningkat dengan adanya peningkatan frekuensi update.

Cara mudah untuk menarik perhatian search engine dan direktori,kapanpun saat web/blog sedang diupdate dengan melakukan "Ping" dan bagi webmaster Ping mempunyai banyak fungsi sebagai alat diagnosis ketika terjadi masalah koneksi,memastikan IP address. Ping bisa juga diartikan proses kita memberitahukan search engine bahwa web/blog baru saja mengalami perubahan konten dan menyenangi membaca konten baru sehingga ingin menjelajah dan melihat apa saja yang baru,sehingga tidak hanya traffic dan pengunjung web meningkat tetapi konten baru dari web/blog akan berada di searcg engine menjadi lebih cepat.

Untuk melakukan Ping ,kita dapat memanfaatkan layanan pihak ketiga dengan cara :

a. masukkan nama/judul blog.
b. isi URL alamat web/blog.
c. isi alamat RSS feed jika telah punya.
d. pilih layanan yang akan menyiarkan pesan/semua layanan yang ada.
e. klik tombol Submit.

Layanan akan menyiarkan pesan bahwa pada web/blog baru saja diisi dengan posting atau konten baru. Tetapi tunggu dulu jangan terlalu sering melakukan ping nanti dianggap spam dan perhatikan hal yang terkait dengan Ping di bawah ini :

1. Satu Layanan.
Search engine tidak senang dengan ping ganda dan sebagian besar platform blog seperti wordpress mempunyai tool ping,sehingga secara otomatis melakukan ping setiap kali mengirim posting.

2. Ping dapat juga merugikan.
Bagi yang mempunyai blog di wordpress tanpa disadari akan mengalami kerugian saat melakukan ping karena secara default WordPress melakuka ping setiap kali kita mengirim posting keblog,tetapi tahukah bahwa setiap kali mengedit sebuah posting secara otomatis wordpress akan melakukan ping. Tetapi bagaimana jika kita mengedit posting sebanyak 8 kali berarti wordpress akan melakukan ping sebanyak 8 kali.
Ada yang mengatakan untuk memecahkan hal tersebut dengan "gunakan plugin MaxBlogPressPing Optimizer pada web yang menggunakan WordPress dan dengan memasang plugin tersebut masalah sistem ping pada WordPress tidak akan terjadi.
Ingin menggunakan aplikasi gratis ini,buka saja di http://maxblogpress.com/atau jika tidak mau ribet klik disini untuk mendapatkan aplikasi tersebut dan untuk menepis resiko yang menghadang strategi SEO kita.


3. Gunakan tools dalam melakukan Ping.
Pilih salah satu dari beberapa layanan yang dapat memberitahukan update pada web/blog ke search engine dan jadikan sebagai bagian dari strategi SEO yang sedang kita jalankan.

Banyak layanan ping dan pada postingan yang lalu sudah ada beberapa layanan ping yang paling sering dipakai oleh blogger karena dianggap paling bagus dan lengkap.Lain waktu akan kita bahas cara menggunakan ping,pada postingan yang lain. Sekian saja sedikit tips seo,jika ada kekurangan tolong dikoreksi,namanya juga baru belajar.



0 komentar:

Posting Komentar

Ingin berkomentar pada postingan,silahkan tulis saja dan terima kasih anda telah berkomentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...