7 Tips Belanja Secara Online

online, offlineonline, offline (Photo credit: tuija)Legend and VeendamLegend and Veendam (Photo credit: kakela)
Semakin berkembangnya teknology dan semakin berkembangnya pengguna Internet akan banyak membuka peluang usaha didunia internet dan memberi kemudahan bagi siapa saja untuk mengetahui Informasi dan lainnya seperti belanja secara online.

Ini Tips agar  terhindar dari hal yang dapat merugikan :


1. Pilih COD
Ini adalah salah satu diantara berbagai cara aman belanja secara online adalah membayar atau bertransaksi online dengan cara membayar barang setelah diterima pembeli atau dikenal dengan sebutan Cash On Delevery (COD). Tetapi tidak disetiap kota akan ada fasilitas ini,namun ada cara lain jika penjual berada dikota lain bisa dijangkau dengan saudara/teman yang berada dikota tersebut untuk bertemu muka,tanyakan alamat detailnya dan jika ada respon pisitif,besar kemungkinan statusnya benar tetapi jika sebaliknya agar aman tinggalkan saja.

2. Alamat Penjual benar.
Sebagian besar toko online tidak memiliki toko secara fisik seperti ruko,pusat pembelanjaan,umumnya dirumah tinggal.Pastikan alamat tersebut ada dan benar ada agar lebih yakin data penjual memang benar,juga bertujuan jika dikemudian hari ada komplain.

3.Harga dan Bahasa 
Jika suatu saat akan membeli E-Book atau buku electronik sebelum membeli dan mendownloadnya tanyakan dahulu isinya dalam bahasa apa,juga harganya.jika isi ebook tersebut dalam bahasa yang tidak kita mengerti percuma saja kita membelinya akan mubajir jadinya dan cek harga apakah disitus lainnya ada yang menjual buku seperti tersebut dengan harga berbeda  lebih murah.dan jika membeli barang elctronik lainnya tanyakan apa ada buku panduan yang berbahasa yang kita mengerti.

4. Amati Situsnya.
Belum tentu pelaku penjual online mempunyai situs sendiri,tetapi jika ada amati umur situs tersebut dan lihatlah situs yang kontennya terupdate terus menerus sejak beberapa bulan atau tahun lalu,pantas dijadikan prioritas sebagai tempat bertransaksi.jika penjual menggunakan domain sendiri dapat dilihat melalu alamat http://www.webcnfs/domain-age.php. Semakin tua usia domain membuktikan secara langsung keseriusan penjual dalam berkecimpung didunia bisnis.

5. Perhatikan nomor Rekening.
Penjual terpecaya umumnya mencantumkan  rekening dari lebih satu bank dengan nama yang sama.
contohnya : rekening bank A atas nama Awuk demikian pula rekening Bank B dan seterusnya yang berarti penjual menggunakan kartu indentitas yang sama ketika membuat rekening pada berbagai bank dan kemungkinan indentitas yang digunakan benar bukan palsu.

6. Mintalah Informasi dari Saudara/Teman 
Informasi sangat penting apalagi didapat dari saudara atau teman yang pernah bertransaksi dengan penjualnya.Berhasil bertransaksi satu kali di salah satu penjual adalah awal yang baik,namun belum menjadi patokan bahwa trasaksi kedua dan selanjutnya akan sukses,maka perlu tingkatkan kualitas hubungan penjual agar lebih akrab dengan bertatap muka secara langsung.

7. Lihat Banyaknya Kunjungan dan Komentar di Situsnya.
Biasanya situs  akan ada kolom untuk memberikan komentar atau pendapat dan no telepon agar mudah dihubungi atau pengunjung beriteraksi dengan pemilik situs/penjual,ada juga hanya nomor telepon atau alamat email saja.jika situs tersebut ada kolom komentar lihatlah komentar yang sudah ada apakah ada yang pernah komplain.
Mungkin ada rekan yang mau menambahkan silahkan menulisnya dikolom komentar.
Enhanced by Zemanta

2 komentar:

Toko Online Baru mengatakan...

Kalau boleh menambahkan, carilah toko online yang menampilkan nomor telepon ataupun YM aktif dan bisa dihubungi kapanpun terutama 24jam, ini yg paling penting :)

Anonim mengatakan...

thank's tipsnya

Posting Komentar

Ingin berkomentar pada postingan,silahkan tulis saja dan terima kasih anda telah berkomentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...