Benarkah Dunia Kerja Hanya Milik Orang Yang Kreatif ?

Bahasa Indonesia: hal-hal yang perlu diperhati...
Bahasa Indonesia: hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan evaluasi kinerja perusahaan. (Photo credit: Wikipedia)
Budaya kerja merupakan salah satu faktor penting yang menentukan kesuksesan sebuah organisasi dan perusahaan yang sukses biasanya memiliki " budaya untuk menang " dalam bahasa Inggris "  Winning Cultures ".

Buku berjudul Building a Winning Culture pengarang oleh Paul Meehan,Paul Rogers dan Scott Tanner mengatakan bahwa nilai sebuah organisasi ditentukan oleh beberapa nilai poin penting yang saling terkait,
semua faktor menjadi  pondasi bagi kesuksesan organisasi.

Isi dari poin itu adalah :

1.  Aspirasi dan keinginan yang besar untuk menang.
a.  Karyawan di lingkungan kerja yang mengutamakan kinerja tinggi umumnya tidak pernah puas dengan hasil pencapaian mereka.
b.  Walaupun hasilnya bagus saja tidak cukup karena mereka selalu mendorong dirinya untuk maju lebih jauh,lebih baik,lebih kencang.
c.  Baginya yang dikejar bukanlah gaji,keuntungan jangka pendek semata tetapi bekerja adalah sesuatu yang spesial dan menyenangkan.

2.  Focus eksternal.
Faktor ini menunjukkan bagaimana perusahaan dan para karyawann memfokuskan energi mereka untuk menyenangkan hati pelanggan.mengalahkan para pesaing dan berkontribusi bagi masyarakat jadi mereka tidak hanya memikirkan dan membicarakan urusan internal perusahaan dan politik kantor.

3.  Berpikir seperti pemimpin perusahaan tempat bekerja.
Karyawan dengan sikap " think like owners " memahami tanggung jawab personal  terhadap perusahaan dan rela berkorban demi kesuksesan perusahaan.

4.  Memetingkan aksi.
Salah satu sifat karyawan dilingkungan berkinerja tinggi,yang tidak selalu sabar dan ingin segera menyelesaikan tugas-tugasnya bukan sekedar omdo (omomg doang)mereka mementingkan aksi dan berani menjamin pekerjaannya bisa meningkatkan bisnis perusahaan.

5. Individu yang dapat bekerja dalam tim.
Setiap organisasi yang sukses memiliki orang yang handal dan mumpuni untuk bekerja baik secara individual ataupun bekerja kompak dalam tim. Mereka dapat mengembangkan potensi,juga menunjukkan betapa penting kerja  tim,dengan begitu orang yang bekerja dalam perusahaan terbuka  ide-ide dari rekannya atau dari orang lain.

6.  Passion dan energi.
Setiap orang dalam organisasi akan berkontribusi  untuk memberikan hasil kerja yang terbaik  bagi perusahaan secara sukarela dan bagi sebagian banyak orang passion dan energi justru menjadi kunci terpenting yang menentukan kesuksesan karena tanpa ada karyawan yang memiliki keduanya organisasi dapat saja masih berjalan ,tetapi jalanya akan sangat lambat.

Perusahaan  dengan lingkungan kondusif yang memungkinkan karyawan bekerja sesuai dengan poin diatas tersebut sangat kecil kemungkinan akan di tinggal karyawan karena ada orang yang mau bekerja di perusahaan yang memberi apresiasi sesuai dengan hasil kerja karyawan ,juga tanggung jawab dan kepercayaan penuh kepada karyawan untuk bekerja.

Sumber berita : Restituta@gmail.com





Enhanced by Zemanta

0 komentar:

Posting Komentar

Ingin berkomentar pada postingan,silahkan tulis saja dan terima kasih anda telah berkomentar.

Google PageRank

pagerank
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...