Cara Irit Baterai Android Tanpa Pasang Aplikasi Pada Perangkat

Wi-Fi Signal logo
Wi-Fi Signal logo (Photo credit: Wikipedia)
Sistem operasi Android memang boros baterai karena terbukti sebagai penyedot daya baterai paling tinggi diantara perangkat smartphone lainnya apalagi pada versi awal,belum memiliki manajemen aplikasi,power  memori , berbeda pada versi yang selanjutnya yang mempunyai baterai kapasitas besar tetapi menggunakan layar yang lebih besar,prosesor dengan kecepatan tinggi akhirnya berimbas pada daya baterai yang ikut tersedot dengan adanya fitur baru yang semuanya tentu saja membutuhkan daya dari baterai.

Banyak aplikasi pihak ketiga tersebar di Internet  untuk mematikan aplikasi yang tidak terpakai,mematikan koneksi yang sedang nganggur,meredupkan layar dalam kurun waktu tertentu tetapi tentu saja ada yang gratis juga ada yang berbayar dengan tambahan fitur fitur yang berlebih.

Jika saja mau meluangkan waktu sejenak sobat bisa melakukan sendiri secara manual pada perangkat kesayangannya,mau tahu caranya ? ini untuk yang belum tahu cara agar baterai tidak boros :

1.   Masuk ke Settings > Wireless > Networks > Mobile Networks > pilih  Use Only 2G Networks.
     Dengan 3G pergunakan hanya waktu dipakai jika tidak untuk daerah tertentu yang sinyalnya kurang baik/lemah akan menguras baterai karena harus mencari sinyal, dengan 2G dampaknya internet jadi berjalan lelet tetapi ke baterai akan membuat lebih hemat ini digunakan saat  perangkat sedang tidak digunakan untuk internet.

2.   Masuk Settings > About Phone > Battery Use. untuk melihat aplikasi apa saja yang sudah menyedot barerai dan kalau ada aplikasi yang tidak dipakai tetapi masih berjalan tap opsi " Force Stop".

3.   Menu Settings > Display > Screen Timeout. untuk setting layar agar jangan dibiarkan hidup lebih lama dari layar perangkat sebaiknya diatur waktu mati layar ke jeda yang paling singkat ketika perangkat dalam keadaan idle.

4.   Menu Settings > Display > Brightnees. untuk mengurangi kecerahan layar.  Atur kecerahan layar di kisaran  10 sampai 30 persen dari yang paling gelap.

5.   Matikan akses GPS dan WIFI jika tidak sedang dipergunakan,karena ikut andil dalam hal menguras baterai.

6.   Matikan Bluetooth jika sedang tidak dipakai karena akan menguras baterai juga agar tidak dengan mudah virus masuk melalui Blutooth pada perangkat terutama di tempat umum seperti Mall dan lainnya.

7.   Menu > Settings > Application > Running Service. untuk mengontrol  program yang berjalan di belakang layar lalu matikan yang sedang tidak diperlukan.

8.   Menu > Settings > Sound > Vibrate. untuk mematikan fungsi getar pada perangkat untuk menghemat baterai.

Hal lainnya seperti menggunakan animasi pada perangkat memang kelihatan keren tapi hal itupun akan membebani baterai .
Enhanced by Zemanta

0 komentar:

Posting Komentar

Ingin berkomentar pada postingan,silahkan tulis saja dan terima kasih anda telah berkomentar.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...